Pilihlah salah satu jawaban A, B, C, D atau E yang benar!
1. Istilah lain desain grafis adalah ....
A penataan visual informasi B seni lukis C seni patung |
D. seni musik E. seni tari |
2. Fungsi utama desain identitas korporat dalam desain
komunikasi visual adalah....
A menciptakan citra perusahaan D. menguntungkan perusahaan
B menciptakan logo perusahaan E. membuat iklan televisi
C meningkatkan penjualan produk
3. Berikut yang merupakan prinsip dasar tipografi ialah ....
A ukuran font dan spasi B warna dan bentuk C posisi elemen-elemen desain |
D. jenis E. makna yang terkandung |
4. Berikut yang merupakan istilah lain dari layout dalam
desain grafis adalah ....
A tata letak elemen-elemen desain D. teknik shading
B susunan warna E.
komposisi
C gaya tipografi
5. Pengertian komposisi dalam karya desain adalah ....
A. pengaturan unsur-unsur visual dalam suatu ruang
B. proses menggambar dengan pensil
C. pemilihan jenis font
D. teknik pewarnaan digital
E. pemilihan jenis kertas
6. Jenis alat gambar yang digunakan untuk menghasilkan garis
tajam dan presisi dalam ilustrasi adalah ....
A marker |
D. spidol |
B pensil |
E. bolpoin |
C kuas |
7. Istilah mockup dalan desain grafis dapat diartikan....
A prototipe desain B efek khusus pada foto C sketsa awal |
D. filter warna E. konsep |
8. Pada desain komunikasi visual, yang dimaksud dengan
hierarki adalah ....
A. susunan elemen-elemen desain berdasarkan tingkat
kepentingan
B. rangkaian elemen-elemen desain
C. tata letak elemen-elemen desain
D. efek tiga dimensi pada gambar
E. pengaturan
tipografi
9. Gaya desain
dalam desain komunikasi visual yang menekankan pada ketertiban dan keteraturan
adalah ....
A modern |
D. postmodern |
B romantis |
E. klasik |
C retro |
10. Prinsip
desain yang berkaitan dengan pemilihan dan penataan elemen-elemen desain adalah
....
A kesatuan |
D.
kesederhanaan |
B keseimbangan
|
E. pencahayaan |
C kontrast |
11. Fungsi utama
storyboard dalam pembuatan motion graphic adalah....
A menentukan
urutan visual D.
mengedit suara
B membuat
animasi E.
menyusun skenario
C menceritakan
12. Berikut yang
membedakan motion graphic dengan animasi tradisional adalah .....
A gerakan grafis
statis D.
penggunaan efek khusus
B kehadiran
karakter E.
proses pembuatan visual
C warna yang
lebih cerah
13. Pernyataan
yang menunjukkan maksud shot dalam konteks storyboard adalah .....
A gambaran
adegan tertentu D. pengaturan pencahayaan
B urutan gambar
secara berurutan E.
penggunaan efek khusus
C rekaman suara
karakter
14. Berikut yang
termasuk elemen penting dalam sebuah frame storyboard yaitu ....
A karakter utama
D.
indeks kromatik
B skala warna E.
pencahayaan
C nomor serial
15. Perbedaan
antara frame horizontal dan frame vertikal dalam storyboard adalah....
A orientasi
layout D.
kecepatan animasi
B warna latar
belakang E.
pemilihan karakter
C jumlah
karakter
16. Fungsi tanda
panah pada frame storyboard ialah ......
A menunjukkan
arah gerakan kamera B menunjukkan
batas durasi pengambilan gambar C
menyembunyikan karakter |
D. menandai
batas frame E. menentukan
fokus pencahayaan |
17. Uraian
berikut yang menunjukkan maksud establishing shot dalam storyboard adalah....
A. gambaran
adegan awal untuk menetapkan lokasi dan suasana
B. gambar dengan
detail kecil
C. posisi kamera
yang rendah
D. penggunaan
efek khusus
E. penggunaan
kamera khusus
18. Fungsi utama pemberian nomor pada setiap frame dalam pembuatan
storyboard yaitu .....
A mengurutkan urutan visual D.
menyediakan informasi tentang warna
B menentukan waktu tayang E.
membantu pembaca saat membaca
C menyusun skenario dialog
19. Hal yang harus dipertimbangkan saat merancang karakter untuk
motion graphic adalah .....
A kesesuaian dengan warna latar D.
penggunaan satu dimensi saja
B asal-usul karakter E.
detail fisik yang kompleks
C gerakan yang lambat
20. Elemen yang sering digunakan dalam motion graphic untuk
menyampaikan informasi yaitu......
A. teks berjalan B. efek suara dramatis C. warna gelap D. gambar statis E. iklan |
21. Berikut yang merupakan keuntungan penggunaan motion graphic
dalam presentasi adalah.....
A kemampuan menyampaikan informasi kompleks D. terbatasnya kreativitas
B waktu produksi yang lama
E. proses produksi yang rumit
C kesulitan dalam pemahaman
22. Berikut yang dimaksud easing dalam konteks motion graphic
yaitu....
A memperlambat gerakan D.
menghapus karakter
B membuat efek suara E.
memilih jenis huruf
C mengganti latar belakang
23. Software yang sering digunakan untuk proses pembuatan motion
graphic adalah .....
A Blender |
D. Notepad |
B Adobe Photoshop |
E. Adobe InDesign |
C Microsoft Excel |
|
24. Uraian di bawah ini yang merupakan arti keyframe dalam animasi
motion graphic ialah ....
A. frame kunci yang menentukan perubahan signifikan
B. gambar statis di akhir animasi
C. warna latar belakang
D. alur visual utama
E. penataan pencahayaan
25. Penggunaan warna dapat memengaruhi mood dalam motion graphic
karena .......
A memberikan nuansa tertentu B tidak mempengaruhi mood C hanya pada karakter utama |
D. menghilangkan kesan grafis E. menebalkan garis |
26. Berikut yang dapat dianggap sebagai ilustrasi adalah .....
A peta lokasi B novel fiksi C daftar angka-angka
|
D. lirik lagu E. puisi |
27. Pernyataan berikut yang merupakan tujuan ilustrasi abstrak
ialah....
A. menciptakan ekspresi artistik dan imajinatif
B. menyampaikan informasi secara jelas
C. menggambarkan objek dengan detail
D. menyampaikan pesan
E. menampilkan gambar realistis
28. Pernyataan yang menunjukkan perbedaan antara ilustrasi dan
foto yaitu ....
A. ilustrasi adalah representasi visual, sedangkan foto adalah
rekaman visual dari kejadian nyata
B. ilustrasi selalu menggunakan warna, sedangkan foto hitam putih
C. ilustrasi hanya dapat dibuat dengan tangan, sedangkan foto
menggunakan kamera
D. ilustrasi selalu lebih realistis daripada foto
E. ilustrasi biaya produksi lebih mahal dari foto
29. Maksud ilustrasi mode dalam pembuatan karya desain adalah....
A. ilustrasi yang menggambarkan tren mode dan pakaian
B. ilustrasi yang digunakan untuk menjelaskan konsep abstrak
C. ilustrasi teknis untuk mendukung instruksi
D. ilustrasi yang menggambarkan peta
E. ilustrasi dalam menampilkan iklan
30. Berikut yang bukan merupakan elemen utama dalam ilustrasi
ialah ....
A bunyi D.
bentuk
B warna E.
iramą
C garis
31. Perbedaan ilustrasi digital dari ilustrasi tradisional adalah
....
A. ilustrasi digital dibuat menggunakan perangkat lunak dan
perangkat tradisional dengan alar manual (kertas dan
pensil/lukis)
B. ilustrasi digital dibuat dengan tangan, sedangkan ilustrasi
tradisional menggunakan komputer
C. ilustrasi digital tidak memiliki warna
D. ilustrasi digital selalu lebih murah daripada ilustrasi
tradisional
E. ilustrasi digital lebih rumit dibandingkan ilustrasi
tradisional
32. Ilustrasi kreatif pada umumnya dapat digunakan untuk .....
A. menyajikan ide atau konsep dengan cara yang unik dan menarik
B. membuat informasi menjadi membosankan
C. menampilkan kreativitas yang menarik
D. mengurangi kreativitas dalam presentasi
E. mengabaikan audiens
33. Pernyataan berikut yang merupakan maksud ilustrasi realistis
adalah ....
A. ilustrasi yang menampilkan gambar yang sangat mirip dengan
objek nyata
B. ilustrasi yang hanya menggunakan warna-warna cerah
C. ilustrasi yang tidak menggunakan warna sama sekali
D. ilustrasi yang hanya menggunakan garis-garis hitam
E. ilustrasi menampilkan fambar yang tidak nyata
34. Ul dalam desain disebut juga....
A User Interface |
D. User Information |
B Unit Interaksi |
E. User Ixperience |
C User Interactio |
35. Berikut yang merupakan peran utama UX designer ialah.....
A. memastikan pengalaman pengguna yang memuaskan
B. merancang tata letak halaman web
C. menentukan warna dan font yang akan digunakan
D. mengelola database aplikasi
E. merancang halaman web
36. Berikut yang bukan merupakan prinsip desain Ul adalah....
A ketidakpastian D.
konsistensi
B keterbacaan E.
kepastian
C kesederhanaan
37. Pernyataan berikut yang merupakan fungsi usability
testing dalam UX design ialah....
A. mengevaluasi sejauh mana pengguna dapat menggunakan produk
dengan efektif
B. mengukur kecantikan desain
C. menentukan warna dan font yang paling disukai pengguna
D. mengukur sejauh mana desain sesuai dengan tren terbaru
E. menentukan pencahayaan dalam desain
38. Dalam dunia desain web yang dimaksud Above the Fold
adalah ....
A. bagian paling bawah halaman web
B. menentukan warna font
C. daerah di sekitar margin halaman web
D. warna yang dominan dalam desain web
E. area yang terlihat pada halaman web tanpa perlu menggulir
39. Berikut yang merupakan prinsip desain responsif adalah
....
A. mengoptimalkan tata letak dan konten agar dapat diakses
dengan baik di berbagai perangkat
B. menyertakan banyak animasi untuk menarik perhatian
pengguna
C. menggunakan warna yang mencolok untuk menonjolkan elemen
penting
D. menggunakan banyak teks dan informasi dalam satu halaman
E. mengukur sejauh mana desain sesuai dengan tren terbaru
40. Pernyataan berikut yang merupakan peran wireframe dalam
proses desain UI/UX ialah ...
A. memberikan representasi visual kasar dari struktur dan
tata letak
B. menentukan warna dan font yang akan digunakan
C. merancang tata letak halaman web
D. menghasilkan kode pemrograman
E. menggunakan banyak teks dan informasi dalam satu halaman
semua jawaban yang benar adalah A