Ruang Baca, sarana mengikat ilmu, jurnal mengajar

04 December 2024

Latihan soal dan jawaban mapel karya desain kelas xi dkv

 


 Pilihlah salah satu jawaban A, B, C, D atau E yang benar!

1. Istilah lain desain grafis adalah ....

A penataan visual informasi

B seni lukis

C seni patung

D. seni musik

E. seni tari

   

2. Fungsi utama desain identitas korporat dalam desain komunikasi visual adalah....

A menciptakan citra perusahaan                             D. menguntungkan perusahaan

B menciptakan logo perusahaan                             E. membuat iklan televisi

C meningkatkan penjualan produk

   

3. Berikut yang merupakan prinsip dasar tipografi ialah ....

A ukuran font dan spasi

B warna dan bentuk

C posisi elemen-elemen desain

D. jenis

E. makna yang terkandung

   

4. Berikut yang merupakan istilah lain dari layout dalam desain grafis adalah ....

A tata letak elemen-elemen desain                         D. teknik shading

B susunan warna                                                     E. komposisi

C gaya tipografi

   

5. Pengertian komposisi dalam karya desain adalah ....

A. pengaturan unsur-unsur visual dalam suatu ruang

B. proses menggambar dengan pensil

C. pemilihan jenis font

D. teknik pewarnaan digital

E. pemilihan jenis kertas

   

6. Jenis alat gambar yang digunakan untuk menghasilkan garis tajam dan presisi dalam ilustrasi adalah ....

A marker

D. spidol

B pensil

E. bolpoin

C kuas

   

7. Istilah mockup dalan desain grafis dapat diartikan....

A prototipe desain

B efek khusus pada foto

C sketsa awal

D. filter warna

E. konsep

   

8. Pada desain komunikasi visual, yang dimaksud dengan hierarki adalah ....

A. susunan elemen-elemen desain berdasarkan tingkat kepentingan

B. rangkaian elemen-elemen desain

C. tata letak elemen-elemen desain

D. efek tiga dimensi pada gambar

E. pengaturan tipografi

   

9. Gaya desain dalam desain komunikasi visual yang menekankan pada ketertiban dan keteraturan adalah ....

A modern

D. postmodern

B romantis

E. klasik

C retro

   

10. Prinsip desain yang berkaitan dengan pemilihan dan penataan elemen-elemen desain adalah ....

A kesatuan

D. kesederhanaan

B keseimbangan

E. pencahayaan

C kontrast

   

11. Fungsi utama storyboard dalam pembuatan motion graphic adalah....

A menentukan urutan visual                             D. mengedit suara

B membuat animasi                                            E. menyusun skenario

C menceritakan

   

12. Berikut yang membedakan motion graphic dengan animasi tradisional adalah .....

A gerakan grafis statis                        D. penggunaan efek khusus

B kehadiran karakter                          E. proses pembuatan visual

C warna yang lebih cerah

   

13. Pernyataan yang menunjukkan maksud shot dalam konteks storyboard adalah .....

A gambaran adegan tertentu                            D. pengaturan pencahayaan

B urutan gambar secara berurutan                   E. penggunaan efek khusus

C rekaman suara karakter

   

14. Berikut yang termasuk elemen penting dalam sebuah frame storyboard yaitu ....

A karakter utama                                                D. indeks kromatik

B skala warna                                       E. pencahayaan

C nomor serial

   

15. Perbedaan antara frame horizontal dan frame vertikal dalam storyboard adalah....

A orientasi layout                                D. kecepatan animasi

B warna latar belakang                       E. pemilihan karakter

C jumlah karakter

   

16. Fungsi tanda panah pada frame storyboard ialah ......

A menunjukkan arah gerakan kamera

B menunjukkan batas durasi pengambilan gambar

C menyembunyikan karakter

D. menandai batas frame

E. menentukan fokus pencahayaan

   

17. Uraian berikut yang menunjukkan maksud establishing shot dalam storyboard adalah....

A. gambaran adegan awal untuk menetapkan lokasi dan suasana

B. gambar dengan detail kecil

C. posisi kamera yang rendah

D. penggunaan efek khusus

E. penggunaan kamera khusus

   

18. Fungsi utama pemberian nomor pada setiap frame dalam pembuatan storyboard yaitu .....

A mengurutkan urutan visual                 D. menyediakan informasi tentang warna

B menentukan waktu tayang                  E. membantu pembaca saat membaca

C menyusun skenario dialog

   

19. Hal yang harus dipertimbangkan saat merancang karakter untuk motion graphic adalah .....

A kesesuaian dengan warna latar           D. penggunaan satu dimensi saja

B asal-usul karakter                                E. detail fisik yang kompleks

C gerakan yang lambat

   

20. Elemen yang sering digunakan dalam motion graphic untuk menyampaikan informasi yaitu......

A. teks berjalan

B. efek suara dramatis

C. warna gelap

D. gambar statis

E. iklan

   

21. Berikut yang merupakan keuntungan penggunaan motion graphic dalam presentasi adalah.....

A kemampuan menyampaikan informasi kompleks              D. terbatasnya kreativitas

B waktu produksi yang lama                                                  E. proses produksi yang rumit

C kesulitan dalam pemahaman

   

22. Berikut yang dimaksud easing dalam konteks motion graphic yaitu....

A memperlambat gerakan                      D. menghapus karakter

B membuat efek suara                            E. memilih jenis huruf

C mengganti latar belakang

   

23. Software yang sering digunakan untuk proses pembuatan motion graphic adalah .....

A Blender

D. Notepad

B Adobe Photoshop

E. Adobe InDesign

C Microsoft Excel

 

   

24. Uraian di bawah ini yang merupakan arti keyframe dalam animasi motion graphic ialah ....

A. frame kunci yang menentukan perubahan signifikan

B. gambar statis di akhir animasi

C. warna latar belakang

D. alur visual utama

E. penataan pencahayaan

   

25. Penggunaan warna dapat memengaruhi mood dalam motion graphic karena .......

A memberikan nuansa tertentu

B tidak mempengaruhi mood

C hanya pada karakter utama

D. menghilangkan kesan grafis

E. menebalkan garis

   

26. Berikut yang dapat dianggap sebagai ilustrasi adalah .....

A peta lokasi

B novel fiksi

C daftar angka-angka

D. lirik lagu

E. puisi

 

27. Pernyataan berikut yang merupakan tujuan ilustrasi abstrak ialah....

A. menciptakan ekspresi artistik dan imajinatif

B. menyampaikan informasi secara jelas

C. menggambarkan objek dengan detail

D. menyampaikan pesan

E. menampilkan gambar realistis

   

28. Pernyataan yang menunjukkan perbedaan antara ilustrasi dan foto yaitu ....

A. ilustrasi adalah representasi visual, sedangkan foto adalah rekaman visual dari kejadian nyata

B. ilustrasi selalu menggunakan warna, sedangkan foto hitam putih

C. ilustrasi hanya dapat dibuat dengan tangan, sedangkan foto menggunakan kamera

D. ilustrasi selalu lebih realistis daripada foto

E. ilustrasi biaya produksi lebih mahal dari foto

   

29. Maksud ilustrasi mode dalam pembuatan karya desain adalah....

A. ilustrasi yang menggambarkan tren mode dan pakaian

B. ilustrasi yang digunakan untuk menjelaskan konsep abstrak

C. ilustrasi teknis untuk mendukung instruksi

D. ilustrasi yang menggambarkan peta

E. ilustrasi dalam menampilkan iklan

   

30. Berikut yang bukan merupakan elemen utama dalam ilustrasi ialah ....

A bunyi                   D. bentuk

B warna                   E. iramą

C garis

   

31. Perbedaan ilustrasi digital dari ilustrasi tradisional adalah ....

A. ilustrasi digital dibuat menggunakan perangkat lunak dan perangkat tradisional dengan alar manual (kertas dan

pensil/lukis)

B. ilustrasi digital dibuat dengan tangan, sedangkan ilustrasi tradisional menggunakan komputer

C. ilustrasi digital tidak memiliki warna

D. ilustrasi digital selalu lebih murah daripada ilustrasi tradisional

E. ilustrasi digital lebih rumit dibandingkan ilustrasi tradisional

   

32. Ilustrasi kreatif pada umumnya dapat digunakan untuk .....

A. menyajikan ide atau konsep dengan cara yang unik dan menarik

B. membuat informasi menjadi membosankan

C. menampilkan kreativitas yang menarik

D. mengurangi kreativitas dalam presentasi

E. mengabaikan audiens

   

33. Pernyataan berikut yang merupakan maksud ilustrasi realistis adalah ....

A. ilustrasi yang menampilkan gambar yang sangat mirip dengan objek nyata

B. ilustrasi yang hanya menggunakan warna-warna cerah

C. ilustrasi yang tidak menggunakan warna sama sekali

D. ilustrasi yang hanya menggunakan garis-garis hitam

E. ilustrasi menampilkan fambar yang tidak nyata

   

34. Ul dalam desain disebut juga....

A User Interface

D. User Information

B Unit Interaksi

E. User Ixperience

C User Interactio

   

35. Berikut yang merupakan peran utama UX designer ialah.....

A. memastikan pengalaman pengguna yang memuaskan

B. merancang tata letak halaman web

C. menentukan warna dan font yang akan digunakan

D. mengelola database aplikasi

E. merancang halaman web

   

36. Berikut yang bukan merupakan prinsip desain Ul adalah....

A ketidakpastian                     D. konsistensi

B keterbacaan                         E. kepastian

C kesederhanaan

   

37. Pernyataan berikut yang merupakan fungsi usability testing dalam UX design ialah....

A. mengevaluasi sejauh mana pengguna dapat menggunakan produk dengan efektif

B. mengukur kecantikan desain

C. menentukan warna dan font yang paling disukai pengguna

D. mengukur sejauh mana desain sesuai dengan tren terbaru

E. menentukan pencahayaan dalam desain

   

38. Dalam dunia desain web yang dimaksud Above the Fold adalah ....

A. bagian paling bawah halaman web

B. menentukan warna font

C. daerah di sekitar margin halaman web

D. warna yang dominan dalam desain web

E. area yang terlihat pada halaman web tanpa perlu menggulir

   

39. Berikut yang merupakan prinsip desain responsif adalah ....

A. mengoptimalkan tata letak dan konten agar dapat diakses dengan baik di berbagai perangkat

B. menyertakan banyak animasi untuk menarik perhatian pengguna

C. menggunakan warna yang mencolok untuk menonjolkan elemen penting

D. menggunakan banyak teks dan informasi dalam satu halaman

E. mengukur sejauh mana desain sesuai dengan tren terbaru

   

40. Pernyataan berikut yang merupakan peran wireframe dalam proses desain UI/UX ialah ...

A. memberikan representasi visual kasar dari struktur dan tata letak

B. menentukan warna dan font yang akan digunakan

C. merancang tata letak halaman web

D. menghasilkan kode pemrograman

E. menggunakan banyak teks dan informasi dalam satu halaman

   


semua jawaban yang benar adalah A

Share: