Ruang Baca, sarana mengikat ilmu, jurnal mengajar

04 December 2024

Latihan soal dan jawaban mapel produksi desain kelas xi DKV

 


 Pilihlah salah satu jawaban A, B, C, D atau E yang benar!

1. Proses mengembangkan ide dan konsep dasar untuk menciptakan desain yang unik serta inovatif disebut....

A konseptualisasi desain

B produksi desain

C evaluasi desain

D. identifikasi desain

E. analisis desain

 

2. Berikut yang bukan merupakan cara yang dapat dilakukan untuk melakukan peninjauan karya desainer dan senimanterkenal guna mencari inspirasi dan referensi visual adalah melalui ....

A foto

D. pameran seni

B portofolio

C buku desain

E. wawancara

 

3. Kumpulan atau koleksi referensi, contoh, serta inspirasi desain yang digunakan oleh seorang desainer untuk

mengumpulkan ide-ide, tren, dan elemen desain disebut....

A bank referensi

B moodboard

C motion graphic

D. storyboarding

E. sketsa kasar

 

4. Pemahaman terhadap audiens atau target pengguna yang akan berinteraksi dengan desain yang dibuat merupakan hal yang penting dalam menciptakan ....

A gaya desain yang efektif

B sketsa kasar desain

C variasi gaya desain

D. keragaman konsep

E. konsep visual yang membosankan

 

5. Perhatikan hal-hal berikut!

1) Membuat desain sebanyak-banyaknya.

2) Menghadiri pameran dan acara desain.

3) Menganalisis persaingan.

4) Memantau media sosial.

5) Melakukan survei dan wawancara.

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk riset dan analisis pasar terkait tren desain adalah ....

A 2, 4, dan 5                           D. 2, 3, dan 4

B 1, 2, dan 3                            E. 3, 4, dan 5

C 1, 3, dan 4

 

6. Berikut yang merupakan langkah kedua dalam pembuatan moodboard adalah ....

A. mengumpulkan gambar, foto, warna, tekstur, dan tipografi yang sesuai konsep dan tujuan desain

B. memperhatikan keseimbangan antara elemen-elemen yang telah dipilih

C. menentukan tujuan dan konsep desain yang ingin disampaikan

D. menyusun dan menata elemen-elemen dalam tata letak yang menarik dan mencerminkan visi desainyang dibuat

E. memastikan bahwa moodboard mencerminkan konsep dan gaya desain yang ingin disampaikan

 

7. Perencanaan, riset, pengembangan, persiapan, perencanaan keuangan, dan sebagainya merupakan

komponen utama ruang lingkup....

A praproduksi

D. pembuatan desain

B konseptualisasi

C produksi

E. pascaproduksi

 

8. Berikut yang memiliki tujuan mendukung pesan yang ingin disampaikan agar komunikasi menjadi lebih menarik dan tidak membosankan adalah ....

A ilustrasi

B motion graphic

C sequential art

D. typeface design

E. tipografi

 

9. Thomas bersama teman-temannya mendapat tugas membuat motion graphic. Tahap pertama yang harus dilakukan

Thomas dan teman-temannya dalam proses pembuatan motion graphic adalah .....

A ide dan konsep

B pengambilan gambar

C pembuatan animasi

D. penyelesaian dan rendering

E. sketsa dan storyboard

 

10. Langkah terakhir dalam praproduksi pembuatan typeface design adalah .....

A pengujian dan umpan balik

B kerning dan spasi

C dokumentasi dan lisensi

D. uji coba dan perbaikan

E. menentukan tujuan dan karakteristik

 

11. Sesuatu yang biasanya digunakan oleh tim kreatif sebagai referensi dan pedoman dalam membuat desain, membuat set,

mengembangkan karakter, atau menghasilkan efek visual yang sesuai konsep adalah.....

A concept art

 B desain visual

C prototipe

D. motion graphic

E. environmental graphic design

 

12. Berikut yang memiliki tujuan menciptakan pengalaman pengguna yang positif, memuaskan, dan efisien adalah ....

A UX design

B typeface design

C UI design

D. web dan application design

E. environmental graphic design

 

13. Kumpulan visual, seperti gambar, foto, warna, tipografi, dan tekstur yang disusun dalam sebuah tata letak atau komposisi

tertentu disebut....

A moodboard design

 B prototipe

C bank referensi

D. sumber inspirasi

E. data riset

 

14. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan desainer dalam pemilihan tipografi, kecuali .....

A. keseragaman ukuran font

B. pemilihan warna yang sempurna

C. pemilihan warna yang kontras dengan warna latar

D. ukuran font yang digunakan

E. perpaduan font yang digunakan

 

15. Perhatikan gambar berikut!

Gambar tersebut menunjukan prinsip desain grafis berupa ....

A keseimbangan

D. penekanan

B kesatuan

E. proporsi

C irama

 

16. Teknik edit video yang berfungsi memecah beberapa bagian video adalah....

A split                                    D. cut

B cross-fades                        E. trims

C join

 

17. Gambar yang menunjukkan prinsip desain grafis berupa variasi adalah....

A. 

B. 

C. 

D. 

E. 


 18. Pengambilan foto, pengeditan, dan retouching merupakan proses produksi konten dalam ....

A fotografi

B concept art

C ilustrasi

D. motion graphic

E. videografi

 

19. Akibat mengabaikan arah sapuan brush saat mengedit foto adalah ....

A. warna menjadi tidak merata

B. hasil pengerjaan terlihat lebih merata

C. hasil pengerjaan terlihat lebih halus

D. terjadi pencampuran warna yang bagus

E. guratan yang dihasilkan menjadi teratur

 

20. Penggunaan ukuran yang tepat pada dokumen dapat membantu memaksimalkan... dan membuatnya lebih efisien.

A ruang

D. tekstur

B warna

E. bentuk

C garis

 

21. Miko sedang mengedit video. Pada pengeditan yang dilakukannya, Miko menghilangkan bagian depan atau belakang klip. Teknik yang digunakan Miko dalam mengedit video adalah ....

A trims

D. join

B split

E. montage

C cut

 

22. UI design merupakan salah satu produk desain. Tujuan desain UI adalah

A. meningkatkan kenyamanan pengguna

B. meningkatkan fungsi sistem

C. meningkatkan keamanan sistem

D. melayani pengguna

E. meningkatkan performa sistem

 

23. Berikut yang merupakan kepanjangan UX adalah ....

A User Experience

D. User Extra

B User Interface

E. User Express

C User Example

 

24. Berikut yang merupakan salah satu keuntungan menggunakan motion graphics dalam sebuah video

adalah ....

A. memperjelas pesan yang disampaikan dalam video

B. meningatkan pengunjung

C. mengurangi biaya produksi video

D. mempercepat waktu produksi video

E. memberikan efek tiga dimensi yang realistis

 

25. Jenis grafis berupa beberapa potongan yang bergerak dalam bentuk digital atau animasi yang menciptakan

ilusi serta efek tertentu merupakan pengertian....

A motion graphic

B typeface design

C concept art

D. sequential art

E. ilustrasi

 

26. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

1) Penataan sebuah lingkungan dengan tujuan menyediakan informasi yang dibutuhkan pengunjung.

2) Memberikan informasi koleksi kepada pengunjung.

3) Membangun suasana lokasi,

4) Mempermudah pengunjung melakukan aktivitas di sebuah lokasi.

Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan definisi....

A. environmental graphic design

B. sequential art

C. motion graphic

D. typeface design

E. concept art

 

27. Untuk memastikan tampilan dan fungsionalitas web yang dibuat sesuai dengan keinginan maka desainer

hendaknya membuat....

A prototipe

B pengembangan web

C desain visual

D. analisis

E. wireframe

 

28. Perhatikan hal-hal berikut!

1) Format file

2) Konsistensi

3) Pengoptimalan warna

4) Legibilitas

5) Kompresi gambar

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengoptimalkan gambar adalah ....

A. 1, 3, dan 5

B. 1, 2, dan 3

C. 2, 3, dan 4

D. 2, 3, dan 5

E. 3, 4, dan 5

 

29. Tata letak atau layout merupakan sesuatu yang penting dalam desain. Bahkan tata letak dapat memengaruhi kualitas hasil akhir desain. Pada penyesuaian tata letak atau layout biasanya dilakukan pemeriksaan terhadap konsistensi ukuran, perbandingan, dan ruang negatif untuk menciptakan ....

A keseimbangan visual yang optimal

B variasi tampilan visual

C kesesuaian irama visual

D. hierarki visual yang optimal

E. kesatuan visual

 

30. Visualisasi informasi yang menarik dan mudah dibaca serta dapat dimanfaatkan untuk menggambarkan data, statistik,

atau proses yang kompleks dalam format yang mudah dipahami oleh audiens merupakan definisi ....

A infografis

D. diagram

B video

E. e-book

C artikel

 

31. Branding dalam konteks pemasaran desain maksudnya adalah

A. proses menciptakan identitas unik untuk produk desain

B. penentuan harga produk desain

C. pengembangan konsep desain

D. evaluasi desain oleh klien

E. proses penjualan produk desain

 

32. Berikut yang bukan merupakan media cetak adalah

A website

D. poster

B pamflet

E. surat kabar

C majalah

 

33. Metode yang dapat digunakan dalam refleksi dan perbaikan desain adalah

A. melakukan survei kepuasan pelanggan

B. merekrut desainer baru

C. analisis pasar yang lebih mendalam

D. mengubah desain secara keseluruhan

E. mempertimbangkan tren terbaru dalam desain

 

34. Tahap pascaproduksi produk desain satu dengan lainnya tidaklah sama. Di antara kegiatan dalam tahap pascaproduksi adalah proses finishing, packing, dan pengiriman. Proses-proses tersebut merupakan proses pascaproduksi dalam pembuatan....

A print design

B ilustrasi

D. concept art

E. fotografi

C tipografi

 

35. Hal-hal berikut merupakan kegiatan atau proses pascaproduksi videografi, kecuali....

A pengaturan posisi atau layout                                       D. menambahkan efek visual dan audio

B memotong dan mengatur klip video                            E. menambahkan transisi antarklip

C menyesuaikan warna dan cahaya

 

36. Berikut yang termasuk bagian dari tahap pasca produksi dalam pembuatan environmental graphic design adalah ....

A pemeliharaan dan perawatan media

B rendering dan mastering

C penyuntingan audio

D. penambahan elemen-elemen tambahan

E. pemotongan dan pengemasan

 

37. Proses yang tidak dilakukan pada tahap pascaproduksi UI-UX adalah ....

A. memperluas target audiens

B. memperbaiki bug dan masalah teknis lainnya

C. pengujian produk dengan pengguna yang sesuai

D. memperbarui desain dan pengalaman pengguna berdasarkan umpan balik

E. memperbaiki isu yang ditemukan dalam pengujian produk

 

38. Perhatikan proses atau kegiatan berikut!

1) Uji aplikasi.

2) Memperbaiki bug atau kerusakan.

3) Memastikan aplikasi dapat berjalan dengan lancar di berbagai platform.

4) Melakukan analisis kinerja aplikasi.

5) Melakukan pemeliharaan rutin untuk memperpanjang masa pakai aplikasi.

Proses atau kegiatan tersebut merupakan tahap pascaproduksi....

A. web dan application design

B. motion graphic

C. sequential art

D. UI-UX design

E. concept art

 

39. Penghilangan bintik, tanda bekas, dan pengaturan warna pada pascaproduksi fotografi dilakukan dalam

proses...

A retouching

D. grading

B penyuntingan

E. mixing

C pencetakan

 

40. Penerapan refleksi dapat dilakukan melalui pendekatan design thinking. Mencari solusi untuk mengatasi

permasalahan yang dihadapi dalam design thinking termasuk dalam tahap....

A define

D. tes

B ideate

E. empathise

C prototipe

 

 Pilihlah salah satu jawaban A, B, C, D atau E yang benar!

1. Proses mengembangkan ide dan konsep dasar untuk menciptakan desain yang unik serta inovatif disebut....

A konseptualisasi desain

B produksi desain

C evaluasi desain

D. identifikasi desain

E. analisis desain

 

2. Berikut yang bukan merupakan cara yang dapat dilakukan untuk melakukan peninjauan karya desainer dan senimanterkenal guna mencari inspirasi dan referensi visual adalah melalui ....

A foto

D. pameran seni

B portofolio

C buku desain

E. wawancara

 

3. Kumpulan atau koleksi referensi, contoh, serta inspirasi desain yang digunakan oleh seorang desainer untuk

mengumpulkan ide-ide, tren, dan elemen desain disebut....

A bank referensi

B moodboard

C motion graphic

D. storyboarding

E. sketsa kasar

 

4. Pemahaman terhadap audiens atau target pengguna yang akan berinteraksi dengan desain yang dibuat merupakan hal yang penting dalam menciptakan ....

A gaya desain yang efektif

B sketsa kasar desain

C variasi gaya desain

D. keragaman konsep

E. konsep visual yang membosankan

 

5. Perhatikan hal-hal berikut!

1) Membuat desain sebanyak-banyaknya.

2) Menghadiri pameran dan acara desain.

3) Menganalisis persaingan.

4) Memantau media sosial.

5) Melakukan survei dan wawancara.

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk riset dan analisis pasar terkait tren desain adalah ....

A 2, 4, dan 5                           D. 2, 3, dan 4

B 1, 2, dan 3                            E. 3, 4, dan 5

C 1, 3, dan 4

 

6. Berikut yang merupakan langkah kedua dalam pembuatan moodboard adalah ....

A. mengumpulkan gambar, foto, warna, tekstur, dan tipografi yang sesuai konsep dan tujuan desain

B. memperhatikan keseimbangan antara elemen-elemen yang telah dipilih

C. menentukan tujuan dan konsep desain yang ingin disampaikan

D. menyusun dan menata elemen-elemen dalam tata letak yang menarik dan mencerminkan visi desainyang dibuat

E. memastikan bahwa moodboard mencerminkan konsep dan gaya desain yang ingin disampaikan

 

7. Perencanaan, riset, pengembangan, persiapan, perencanaan keuangan, dan sebagainya merupakan

komponen utama ruang lingkup....

A praproduksi

D. pembuatan desain

B konseptualisasi

C produksi

E. pascaproduksi

 

8. Berikut yang memiliki tujuan mendukung pesan yang ingin disampaikan agar komunikasi menjadi lebih menarik dan tidak membosankan adalah ....

A ilustrasi

B motion graphic

C sequential art

D. typeface design

E. tipografi

 

9. Thomas bersama teman-temannya mendapat tugas membuat motion graphic. Tahap pertama yang harus dilakukan

Thomas dan teman-temannya dalam proses pembuatan motion graphic adalah .....

A ide dan konsep

B pengambilan gambar

C pembuatan animasi

D. penyelesaian dan rendering

E. sketsa dan storyboard

 

10. Langkah terakhir dalam praproduksi pembuatan typeface design adalah .....

A pengujian dan umpan balik

B kerning dan spasi

C dokumentasi dan lisensi

D. uji coba dan perbaikan

E. menentukan tujuan dan karakteristik

 

11. Sesuatu yang biasanya digunakan oleh tim kreatif sebagai referensi dan pedoman dalam membuat desain, membuat set,

mengembangkan karakter, atau menghasilkan efek visual yang sesuai konsep adalah.....

A concept art

 B desain visual

C prototipe

D. motion graphic

E. environmental graphic design

 

12. Berikut yang memiliki tujuan menciptakan pengalaman pengguna yang positif, memuaskan, dan efisien adalah ....

A UX design

B typeface design

C UI design

D. web dan application design

E. environmental graphic design

 

13. Kumpulan visual, seperti gambar, foto, warna, tipografi, dan tekstur yang disusun dalam sebuah tata letak atau komposisi

tertentu disebut....

A moodboard design

 B prototipe

C bank referensi

D. sumber inspirasi

E. data riset

 

14. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan desainer dalam pemilihan tipografi, kecuali .....

A. keseragaman ukuran font

B. pemilihan warna yang sempurna

C. pemilihan warna yang kontras dengan warna latar

D. ukuran font yang digunakan

E. perpaduan font yang digunakan

 

15. Perhatikan gambar berikut!

Gambar tersebut menunjukan prinsip desain grafis berupa ....

A keseimbangan

D. penekanan

B kesatuan

E. proporsi

C irama

 

16. Teknik edit video yang berfungsi memecah beberapa bagian video adalah....

A split                                    D. cut

B cross-fades                        E. trims

C join

 

17. Gambar yang menunjukkan prinsip desain grafis berupa variasi adalah....

A. 


B.
 

C. 

D. 

E. 


 18. Pengambilan foto, pengeditan, dan retouching merupakan proses produksi konten dalam ....

A fotografi

B concept art

C ilustrasi

D. motion graphic

E. videografi

 

19. Akibat mengabaikan arah sapuan brush saat mengedit foto adalah ....

A. warna menjadi tidak merata

B. hasil pengerjaan terlihat lebih merata

C. hasil pengerjaan terlihat lebih halus

D. terjadi pencampuran warna yang bagus

E. guratan yang dihasilkan menjadi teratur

 

20. Penggunaan ukuran yang tepat pada dokumen dapat membantu memaksimalkan... dan membuatnya lebih efisien.

A ruang

D. tekstur

B warna

E. bentuk

C garis

 

21. Miko sedang mengedit video. Pada pengeditan yang dilakukannya, Miko menghilangkan bagian depan atau belakang klip. Teknik yang digunakan Miko dalam mengedit video adalah ....

A trims

D. join

B split

E. montage

C cut

 

22. UI design merupakan salah satu produk desain. Tujuan desain UI adalah

A. meningkatkan kenyamanan pengguna

B. meningkatkan fungsi sistem

C. meningkatkan keamanan sistem

D. melayani pengguna

E. meningkatkan performa sistem

 

23. Berikut yang merupakan kepanjangan UX adalah ....

A User Experience

D. User Extra

B User Interface

E. User Express

C User Example

 

24. Berikut yang merupakan salah satu keuntungan menggunakan motion graphics dalam sebuah video adalah ....

A. memperjelas pesan yang disampaikan dalam video

B. meningatkan pengunjung

C. mengurangi biaya produksi video

D. mempercepat waktu produksi video

E. memberikan efek tiga dimensi yang realistis

 

25. Jenis grafis berupa beberapa potongan yang bergerak dalam bentuk digital atau animasi yang menciptakan ilusi serta efek tertentu merupakan pengertian....

A motion graphic

B typeface design

C concept art

D. sequential art

E. ilustrasi

 

26. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

1) Penataan sebuah lingkungan dengan tujuan menyediakan informasi yang dibutuhkan pengunjung.

2) Memberikan informasi koleksi kepada pengunjung.

3) Membangun suasana lokasi,

4) Mempermudah pengunjung melakukan aktivitas di sebuah lokasi.

Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan definisi....

A. environmental graphic design

B. sequential art

C. motion graphic

D. typeface design

E. concept art

 

27. Untuk memastikan tampilan dan fungsionalitas web yang dibuat sesuai dengan keinginan maka desainer

hendaknya membuat....

A prototipe

B pengembangan web

C desain visual

D. analisis

E. wireframe

 

28. Perhatikan hal-hal berikut!

1) Format file

2) Konsistensi

3) Pengoptimalan warna

4) Legibilitas

5) Kompresi gambar

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengoptimalkan gambar adalah ....

A. 1, 3, dan 5

B. 1, 2, dan 3

C. 2, 3, dan 4

D. 2, 3, dan 5

E. 3, 4, dan 5

 

29. Tata letak atau layout merupakan sesuatu yang penting dalam desain. Bahkan tata letak dapat memengaruhi kualitas hasil akhir desain. Pada penyesuaian tata letak atau layout biasanya dilakukan pemeriksaan terhadap konsistensi ukuran, perbandingan, dan ruang negatif untuk menciptakan ....

A keseimbangan visual yang optimal

B variasi tampilan visual

C kesesuaian irama visual

D. hierarki visual yang optimal

E. kesatuan visual

 

30. Visualisasi informasi yang menarik dan mudah dibaca serta dapat dimanfaatkan untuk menggambarkan data, statistik, atau proses yang kompleks dalam format yang mudah dipahami oleh audiens merupakan definisi ....

A infografis

D. diagram

B video

E. e-book

C artikel

 

31. Branding dalam konteks pemasaran desain maksudnya adalah

A. proses menciptakan identitas unik untuk produk desain

B. penentuan harga produk desain

C. pengembangan konsep desain

D. evaluasi desain oleh klien

E. proses penjualan produk desain

 

32. Berikut yang bukan merupakan media cetak adalah

A website

D. poster

B pamflet

E. surat kabar

C majalah

 

33. Metode yang dapat digunakan dalam refleksi dan perbaikan desain adalah

A. melakukan survei kepuasan pelanggan

B. merekrut desainer baru

C. analisis pasar yang lebih mendalam

D. mengubah desain secara keseluruhan

E. mempertimbangkan tren terbaru dalam desain

 

34. Tahap pascaproduksi produk desain satu dengan lainnya tidaklah sama. Di antara kegiatan dalam tahap pascaproduksi adalah proses finishing, packing, dan pengiriman. Proses-proses tersebut merupakan proses pascaproduksi dalam pembuatan....

A print design

B ilustrasi

D. concept art

E. fotografi

C tipografi

 

35. Hal-hal berikut merupakan kegiatan atau proses pascaproduksi videografi, kecuali....

A pengaturan posisi atau layout                                       D. menambahkan efek visual dan audio

B memotong dan mengatur klip video                            E. menambahkan transisi antarklip

C menyesuaikan warna dan cahaya

 

36. Berikut yang termasuk bagian dari tahap pasca produksi dalam pembuatan environmental graphic design adalah ....

A pemeliharaan dan perawatan media

B rendering dan mastering

C penyuntingan audio

D. penambahan elemen-elemen tambahan

E. pemotongan dan pengemasan

 

37. Proses yang tidak dilakukan pada tahap pascaproduksi UI-UX adalah ....

A. memperluas target audiens

B. memperbaiki bug dan masalah teknis lainnya

C. pengujian produk dengan pengguna yang sesuai

D. memperbarui desain dan pengalaman pengguna berdasarkan umpan balik

E. memperbaiki isu yang ditemukan dalam pengujian produk

 

38. Perhatikan proses atau kegiatan berikut!

1) Uji aplikasi.

2) Memperbaiki bug atau kerusakan.

3) Memastikan aplikasi dapat berjalan dengan lancar di berbagai platform.

4) Melakukan analisis kinerja aplikasi.

5) Melakukan pemeliharaan rutin untuk memperpanjang masa pakai aplikasi.

Proses atau kegiatan tersebut merupakan tahap pascaproduksi....

A. web dan application design

B. motion graphic

C. sequential art

D. UI-UX design

E. concept art

 

39. Penghilangan bintik, tanda bekas, dan pengaturan warna pada pascaproduksi fotografi dilakukan dalam

proses...

A retouching

D. grading

B penyuntingan

E. mixing

C pencetakan

 

40. Penerapan refleksi dapat dilakukan melalui pendekatan design thinking. Mencari solusi untuk mengatasi

permasalahan yang dihadapi dalam design thinking termasuk dalam tahap....

A define

D. tes

B ideate

E. empathise

C prototipe

 semua jawaban yang benar adalah A 


Share: