Pilihlah salah
satu jawaban A, B, C, D atau E yang benar!
1. Proses mengembangkan ide dan konsep dasar untuk menciptakan
desain yang unik serta inovatif disebut....
A konseptualisasi desain B produksi desain C evaluasi desain |
D. identifikasi desain E. analisis desain |
2. Berikut yang bukan merupakan cara yang dapat dilakukan untuk
melakukan peninjauan karya desainer dan senimanterkenal guna mencari inspirasi
dan referensi visual adalah melalui ....
A foto |
D. pameran seni |
B portofolio C buku desain |
E. wawancara |
3. Kumpulan atau koleksi referensi, contoh, serta inspirasi desain
yang digunakan oleh seorang desainer untuk
mengumpulkan ide-ide, tren, dan elemen desain disebut....
A bank referensi B moodboard C motion graphic |
D. storyboarding E. sketsa kasar |
4. Pemahaman terhadap audiens atau target pengguna yang akan
berinteraksi dengan desain yang dibuat merupakan hal yang penting dalam
menciptakan ....
A gaya desain yang efektif B sketsa kasar desain C variasi gaya desain |
D. keragaman konsep E. konsep visual yang membosankan |
5. Perhatikan hal-hal berikut!
1) Membuat desain sebanyak-banyaknya.
2) Menghadiri pameran dan acara desain.
3) Menganalisis persaingan.
4) Memantau media sosial.
5) Melakukan survei dan wawancara.
Hal-hal yang dapat dilakukan untuk riset dan analisis pasar
terkait tren desain adalah ....
A 2, 4, dan 5 D.
2, 3, dan 4
B 1, 2, dan 3 E.
3, 4, dan 5
C 1, 3, dan 4
6. Berikut yang merupakan langkah kedua dalam pembuatan moodboard
adalah ....
A. mengumpulkan gambar, foto, warna, tekstur, dan tipografi yang
sesuai konsep dan tujuan desain
B. memperhatikan keseimbangan antara elemen-elemen yang telah
dipilih
C. menentukan tujuan dan konsep desain yang ingin disampaikan
D. menyusun dan menata elemen-elemen dalam tata letak yang menarik
dan mencerminkan visi desainyang dibuat
E. memastikan bahwa moodboard mencerminkan konsep dan gaya desain
yang ingin disampaikan
7. Perencanaan, riset, pengembangan, persiapan, perencanaan
keuangan, dan sebagainya merupakan
komponen utama ruang lingkup....
A praproduksi |
D. pembuatan desain |
B konseptualisasi C produksi |
E. pascaproduksi |
8. Berikut yang
memiliki tujuan mendukung pesan yang ingin disampaikan agar komunikasi menjadi
lebih menarik dan tidak membosankan adalah ....
A ilustrasi B motion
graphic C sequential
art |
D. typeface
design E. tipografi |
9. Thomas bersama
teman-temannya mendapat tugas membuat motion graphic. Tahap pertama yang harus
dilakukan
Thomas dan
teman-temannya dalam proses pembuatan motion graphic adalah .....
A ide dan
konsep B pengambilan
gambar C pembuatan
animasi |
D.
penyelesaian dan rendering E. sketsa dan
storyboard |
10. Langkah
terakhir dalam praproduksi pembuatan typeface design adalah .....
A pengujian
dan umpan balik B kerning dan
spasi C dokumentasi
dan lisensi |
D. uji coba
dan perbaikan E. menentukan
tujuan dan karakteristik |
11. Sesuatu yang
biasanya digunakan oleh tim kreatif sebagai referensi dan pedoman dalam membuat
desain, membuat set,
mengembangkan
karakter, atau menghasilkan efek visual yang sesuai konsep adalah.....
A concept art B desain visual C prototipe |
D. motion
graphic E.
environmental graphic design |
12. Berikut yang
memiliki tujuan menciptakan pengalaman pengguna yang positif, memuaskan, dan
efisien adalah ....
A UX design B typeface
design C UI design |
D. web dan
application design E.
environmental graphic design |
13. Kumpulan
visual, seperti gambar, foto, warna, tipografi, dan tekstur yang disusun dalam
sebuah tata letak atau komposisi
tertentu
disebut....
A moodboard
design B prototipe C bank
referensi |
D. sumber
inspirasi E. data riset |
14. Berikut
hal-hal yang harus diperhatikan desainer dalam pemilihan tipografi, kecuali
.....
A. keseragaman
ukuran font
B. pemilihan
warna yang sempurna
C. pemilihan
warna yang kontras dengan warna latar
D. ukuran font
yang digunakan
E. perpaduan
font yang digunakan
15. Perhatikan
gambar berikut!
Gambar tersebut menunjukan prinsip desain grafis berupa ....
A keseimbangan
|
D. penekanan |
B kesatuan |
E. proporsi |
C irama |
16. Teknik edit
video yang berfungsi memecah beberapa bagian video adalah....
A split D. cut
B cross-fades E. trims
C join
17. Gambar yang
menunjukkan prinsip desain grafis berupa variasi adalah....
A.
B.
C.
D.
E.
18. Pengambilan foto, pengeditan, dan retouching merupakan proses produksi konten dalam ....
A fotografi B concept art C ilustrasi |
D. motion
graphic E. videografi |
19. Akibat
mengabaikan arah sapuan brush saat mengedit foto adalah ....
A. warna menjadi
tidak merata
B. hasil
pengerjaan terlihat lebih merata
C. hasil
pengerjaan terlihat lebih halus
D. terjadi
pencampuran warna yang bagus
E. guratan yang
dihasilkan menjadi teratur
20. Penggunaan
ukuran yang tepat pada dokumen dapat membantu memaksimalkan... dan membuatnya
lebih efisien.
A ruang |
D. tekstur |
B warna |
E. bentuk |
C garis |
21. Miko sedang mengedit video. Pada pengeditan yang dilakukannya, Miko menghilangkan bagian depan atau belakang klip. Teknik yang digunakan Miko dalam mengedit video adalah ....
A trims |
D. join |
B split |
E. montage |
C cut |
22. UI design
merupakan salah satu produk desain. Tujuan desain UI adalah
A. meningkatkan
kenyamanan pengguna
B. meningkatkan
fungsi sistem
C. meningkatkan
keamanan sistem
D. melayani
pengguna
E. meningkatkan
performa sistem
23. Berikut yang
merupakan kepanjangan UX adalah ....
A User
Experience |
D. User Extra |
B User
Interface |
E. User
Express |
C User Example |
24. Berikut yang
merupakan salah satu keuntungan menggunakan motion graphics dalam sebuah video
adalah ....
A. memperjelas
pesan yang disampaikan dalam video
B. meningatkan
pengunjung
C. mengurangi
biaya produksi video
D. mempercepat
waktu produksi video
E. memberikan
efek tiga dimensi yang realistis
25. Jenis grafis
berupa beberapa potongan yang bergerak dalam bentuk digital atau animasi yang
menciptakan
ilusi serta efek
tertentu merupakan pengertian....
A motion
graphic B typeface
design C concept art |
D. sequential
art E. ilustrasi |
26. Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut!
1) Penataan
sebuah lingkungan dengan tujuan menyediakan informasi yang dibutuhkan
pengunjung.
2) Memberikan informasi
koleksi kepada pengunjung.
3) Membangun
suasana lokasi,
4) Mempermudah
pengunjung melakukan aktivitas di sebuah lokasi.
Pernyataan-pernyataan
tersebut merupakan definisi....
A. environmental
graphic design
B. sequential
art
C. motion
graphic
D. typeface
design
E. concept art
27. Untuk memastikan tampilan dan fungsionalitas web yang
dibuat sesuai dengan keinginan maka desainer
hendaknya membuat....
A prototipe B pengembangan web C desain visual |
D. analisis E. wireframe |
28. Perhatikan hal-hal berikut!
1) Format file
2) Konsistensi
3) Pengoptimalan warna
4) Legibilitas
5) Kompresi gambar
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengoptimalkan gambar
adalah ....
A. 1, 3, dan 5
B. 1, 2, dan 3
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 5
E. 3, 4, dan 5
29. Tata letak atau layout merupakan sesuatu yang penting
dalam desain. Bahkan tata letak dapat memengaruhi kualitas hasil akhir desain.
Pada penyesuaian tata letak atau layout biasanya dilakukan pemeriksaan terhadap
konsistensi ukuran, perbandingan, dan ruang negatif untuk menciptakan ....
A keseimbangan visual yang optimal B variasi tampilan visual C kesesuaian irama visual |
D. hierarki visual yang optimal E. kesatuan visual |
30. Visualisasi informasi yang menarik dan mudah dibaca serta
dapat dimanfaatkan untuk menggambarkan data, statistik,
atau proses yang kompleks dalam format yang mudah dipahami
oleh audiens merupakan definisi ....
A infografis |
D. diagram |
B video |
E. e-book |
C artikel |
31. Branding dalam konteks pemasaran desain maksudnya adalah
A. proses menciptakan identitas unik untuk produk desain
B. penentuan harga produk desain
C. pengembangan konsep desain
D. evaluasi desain oleh klien
E. proses penjualan produk desain
32. Berikut yang bukan merupakan media cetak adalah
A website |
D. poster |
B pamflet |
E. surat kabar |
C majalah |
33. Metode yang dapat
digunakan dalam refleksi dan perbaikan desain adalah
A. melakukan survei kepuasan pelanggan
B. merekrut desainer baru
C. analisis pasar yang lebih mendalam
D. mengubah desain secara keseluruhan
E. mempertimbangkan tren terbaru dalam desain
34. Tahap
pascaproduksi produk desain satu dengan lainnya tidaklah sama. Di antara
kegiatan dalam tahap pascaproduksi adalah proses finishing, packing, dan
pengiriman. Proses-proses tersebut merupakan proses pascaproduksi dalam
pembuatan....
A print design
B ilustrasi |
D. concept art E. fotografi |
C tipografi |
35. Hal-hal
berikut merupakan kegiatan atau proses pascaproduksi videografi, kecuali....
A pengaturan
posisi atau layout D.
menambahkan efek visual dan audio
B memotong dan
mengatur klip video E.
menambahkan transisi antarklip
C menyesuaikan
warna dan cahaya
36. Berikut yang
termasuk bagian dari tahap pasca produksi dalam pembuatan environmental graphic
design adalah ....
A pemeliharaan
dan perawatan media B rendering
dan mastering C penyuntingan
audio |
D. penambahan
elemen-elemen tambahan E. pemotongan
dan pengemasan |
37. Proses yang
tidak dilakukan pada tahap pascaproduksi UI-UX adalah ....
A. memperluas
target audiens
B. memperbaiki
bug dan masalah teknis lainnya
C. pengujian
produk dengan pengguna yang sesuai
D. memperbarui
desain dan pengalaman pengguna berdasarkan umpan balik
E. memperbaiki
isu yang ditemukan dalam pengujian produk
38. Perhatikan
proses atau kegiatan berikut!
1) Uji aplikasi.
2) Memperbaiki
bug atau kerusakan.
3) Memastikan
aplikasi dapat berjalan dengan lancar di berbagai platform.
4) Melakukan
analisis kinerja aplikasi.
5) Melakukan
pemeliharaan rutin untuk memperpanjang masa pakai aplikasi.
Proses atau
kegiatan tersebut merupakan tahap pascaproduksi....
A. web dan
application design
B. motion
graphic
C. sequential
art
D. UI-UX design
E. concept art
39. Penghilangan
bintik, tanda bekas, dan pengaturan warna pada pascaproduksi fotografi
dilakukan dalam
proses...
A retouching |
D. grading |
B penyuntingan
|
E. mixing |
C pencetakan |
40. Penerapan
refleksi dapat dilakukan melalui pendekatan design thinking. Mencari solusi
untuk mengatasi
permasalahan
yang dihadapi dalam design thinking termasuk dalam tahap....
A define |
D. tes |
B ideate |
E. empathise |
C prototipe |
Pilihlah salah
satu jawaban A, B, C, D atau E yang benar!
1. Proses mengembangkan ide dan konsep dasar untuk menciptakan
desain yang unik serta inovatif disebut....
A konseptualisasi desain B produksi desain C evaluasi desain |
D. identifikasi desain E. analisis desain |
2. Berikut yang bukan merupakan cara yang dapat dilakukan untuk
melakukan peninjauan karya desainer dan senimanterkenal guna mencari inspirasi
dan referensi visual adalah melalui ....
A foto |
D. pameran seni |
B portofolio C buku desain |
E. wawancara |
3. Kumpulan atau koleksi referensi, contoh, serta inspirasi desain
yang digunakan oleh seorang desainer untuk
mengumpulkan ide-ide, tren, dan elemen desain disebut....
A bank referensi B moodboard C motion graphic |
D. storyboarding E. sketsa kasar |
4. Pemahaman terhadap audiens atau target pengguna yang akan
berinteraksi dengan desain yang dibuat merupakan hal yang penting dalam
menciptakan ....
A gaya desain yang efektif B sketsa kasar desain C variasi gaya desain |
D. keragaman konsep E. konsep visual yang membosankan |
5. Perhatikan hal-hal berikut!
1) Membuat desain sebanyak-banyaknya.
2) Menghadiri pameran dan acara desain.
3) Menganalisis persaingan.
4) Memantau media sosial.
5) Melakukan survei dan wawancara.
Hal-hal yang dapat dilakukan untuk riset dan analisis pasar
terkait tren desain adalah ....
A 2, 4, dan 5 D.
2, 3, dan 4
B 1, 2, dan 3 E.
3, 4, dan 5
C 1, 3, dan 4
6. Berikut yang merupakan langkah kedua dalam pembuatan moodboard
adalah ....
A. mengumpulkan gambar, foto, warna, tekstur, dan tipografi yang
sesuai konsep dan tujuan desain
B. memperhatikan keseimbangan antara elemen-elemen yang telah
dipilih
C. menentukan tujuan dan konsep desain yang ingin disampaikan
D. menyusun dan menata elemen-elemen dalam tata letak yang menarik
dan mencerminkan visi desainyang dibuat
E. memastikan bahwa moodboard mencerminkan konsep dan gaya desain
yang ingin disampaikan
7. Perencanaan, riset, pengembangan, persiapan, perencanaan
keuangan, dan sebagainya merupakan
komponen utama ruang lingkup....
A praproduksi |
D. pembuatan desain |
B konseptualisasi C produksi |
E. pascaproduksi |
8. Berikut yang
memiliki tujuan mendukung pesan yang ingin disampaikan agar komunikasi menjadi
lebih menarik dan tidak membosankan adalah ....
A ilustrasi B motion
graphic C sequential
art |
D. typeface
design E. tipografi |
9. Thomas bersama
teman-temannya mendapat tugas membuat motion graphic. Tahap pertama yang harus
dilakukan
Thomas dan
teman-temannya dalam proses pembuatan motion graphic adalah .....
A ide dan
konsep B pengambilan
gambar C pembuatan
animasi |
D.
penyelesaian dan rendering E. sketsa dan
storyboard |
10. Langkah
terakhir dalam praproduksi pembuatan typeface design adalah .....
A pengujian
dan umpan balik B kerning dan
spasi C dokumentasi
dan lisensi |
D. uji coba
dan perbaikan E. menentukan
tujuan dan karakteristik |
11. Sesuatu yang
biasanya digunakan oleh tim kreatif sebagai referensi dan pedoman dalam membuat
desain, membuat set,
mengembangkan
karakter, atau menghasilkan efek visual yang sesuai konsep adalah.....
A concept art B desain visual C prototipe |
D. motion
graphic E.
environmental graphic design |
12. Berikut yang
memiliki tujuan menciptakan pengalaman pengguna yang positif, memuaskan, dan
efisien adalah ....
A UX design B typeface
design C UI design |
D. web dan
application design E.
environmental graphic design |
13. Kumpulan
visual, seperti gambar, foto, warna, tipografi, dan tekstur yang disusun dalam
sebuah tata letak atau komposisi
tertentu
disebut....
A moodboard
design B prototipe C bank
referensi |
D. sumber
inspirasi E. data riset |
14. Berikut
hal-hal yang harus diperhatikan desainer dalam pemilihan tipografi, kecuali
.....
A. keseragaman
ukuran font
B. pemilihan
warna yang sempurna
C. pemilihan
warna yang kontras dengan warna latar
D. ukuran font
yang digunakan
E. perpaduan
font yang digunakan
15. Perhatikan
gambar berikut!
Gambar tersebut menunjukan prinsip desain grafis berupa ....
A keseimbangan
|
D. penekanan |
B kesatuan |
E. proporsi |
C irama |
16. Teknik edit
video yang berfungsi memecah beberapa bagian video adalah....
A split D. cut
B cross-fades E. trims
C join
17. Gambar yang
menunjukkan prinsip desain grafis berupa variasi adalah....
A.
B.
C.
D.
E.
18. Pengambilan foto, pengeditan, dan retouching merupakan proses produksi konten dalam ....
A fotografi B concept art C ilustrasi |
D. motion
graphic E. videografi |
19. Akibat
mengabaikan arah sapuan brush saat mengedit foto adalah ....
A. warna menjadi
tidak merata
B. hasil
pengerjaan terlihat lebih merata
C. hasil
pengerjaan terlihat lebih halus
D. terjadi
pencampuran warna yang bagus
E. guratan yang
dihasilkan menjadi teratur
20. Penggunaan
ukuran yang tepat pada dokumen dapat membantu memaksimalkan... dan membuatnya
lebih efisien.
A ruang |
D. tekstur |
B warna |
E. bentuk |
C garis |
21. Miko sedang mengedit video. Pada pengeditan yang dilakukannya, Miko menghilangkan bagian depan atau belakang klip. Teknik yang digunakan Miko dalam mengedit video adalah ....
A trims |
D. join |
B split |
E. montage |
C cut |
22. UI design
merupakan salah satu produk desain. Tujuan desain UI adalah
A. meningkatkan
kenyamanan pengguna
B. meningkatkan
fungsi sistem
C. meningkatkan
keamanan sistem
D. melayani
pengguna
E. meningkatkan
performa sistem
23. Berikut yang
merupakan kepanjangan UX adalah ....
A User
Experience |
D. User Extra |
B User
Interface |
E. User
Express |
C User Example |
24. Berikut yang merupakan salah satu keuntungan menggunakan motion graphics dalam sebuah video adalah ....
A. memperjelas
pesan yang disampaikan dalam video
B. meningatkan
pengunjung
C. mengurangi
biaya produksi video
D. mempercepat
waktu produksi video
E. memberikan
efek tiga dimensi yang realistis
25. Jenis grafis berupa beberapa potongan yang bergerak dalam bentuk digital atau animasi yang menciptakan ilusi serta efek tertentu merupakan pengertian....
A motion
graphic B typeface
design C concept art |
D. sequential
art E. ilustrasi |
26. Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut!
1) Penataan
sebuah lingkungan dengan tujuan menyediakan informasi yang dibutuhkan
pengunjung.
2) Memberikan informasi
koleksi kepada pengunjung.
3) Membangun
suasana lokasi,
4) Mempermudah
pengunjung melakukan aktivitas di sebuah lokasi.
Pernyataan-pernyataan
tersebut merupakan definisi....
A. environmental
graphic design
B. sequential
art
C. motion
graphic
D. typeface
design
E. concept art
27. Untuk memastikan tampilan dan fungsionalitas web yang
dibuat sesuai dengan keinginan maka desainer
hendaknya membuat....
A prototipe B pengembangan web C desain visual |
D. analisis E. wireframe |
28. Perhatikan hal-hal berikut!
1) Format file
2) Konsistensi
3) Pengoptimalan warna
4) Legibilitas
5) Kompresi gambar
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengoptimalkan gambar
adalah ....
A. 1, 3, dan 5
B. 1, 2, dan 3
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 5
E. 3, 4, dan 5
29. Tata letak atau layout merupakan sesuatu yang penting
dalam desain. Bahkan tata letak dapat memengaruhi kualitas hasil akhir desain.
Pada penyesuaian tata letak atau layout biasanya dilakukan pemeriksaan terhadap
konsistensi ukuran, perbandingan, dan ruang negatif untuk menciptakan ....
A keseimbangan visual yang optimal B variasi tampilan visual C kesesuaian irama visual |
D. hierarki visual yang optimal E. kesatuan visual |
30. Visualisasi informasi yang menarik dan mudah dibaca serta dapat dimanfaatkan untuk menggambarkan data, statistik, atau proses yang kompleks dalam format yang mudah dipahami oleh audiens merupakan definisi ....
A infografis |
D. diagram |
B video |
E. e-book |
C artikel |
31. Branding dalam konteks pemasaran desain maksudnya adalah
A. proses menciptakan identitas unik untuk produk desain
B. penentuan harga produk desain
C. pengembangan konsep desain
D. evaluasi desain oleh klien
E. proses penjualan produk desain
32. Berikut yang bukan merupakan media cetak adalah
A website |
D. poster |
B pamflet |
E. surat kabar |
C majalah |
33. Metode yang dapat
digunakan dalam refleksi dan perbaikan desain adalah
A. melakukan survei kepuasan pelanggan
B. merekrut desainer baru
C. analisis pasar yang lebih mendalam
D. mengubah desain secara keseluruhan
E. mempertimbangkan tren terbaru dalam desain
34. Tahap
pascaproduksi produk desain satu dengan lainnya tidaklah sama. Di antara
kegiatan dalam tahap pascaproduksi adalah proses finishing, packing, dan
pengiriman. Proses-proses tersebut merupakan proses pascaproduksi dalam pembuatan....
A print design
B ilustrasi |
D. concept art E. fotografi |
C tipografi |
35. Hal-hal
berikut merupakan kegiatan atau proses pascaproduksi videografi, kecuali....
A pengaturan
posisi atau layout D.
menambahkan efek visual dan audio
B memotong dan
mengatur klip video E.
menambahkan transisi antarklip
C menyesuaikan
warna dan cahaya
36. Berikut yang
termasuk bagian dari tahap pasca produksi dalam pembuatan environmental graphic
design adalah ....
A pemeliharaan
dan perawatan media B rendering
dan mastering C penyuntingan
audio |
D. penambahan
elemen-elemen tambahan E. pemotongan
dan pengemasan |
37. Proses yang
tidak dilakukan pada tahap pascaproduksi UI-UX adalah ....
A. memperluas
target audiens
B. memperbaiki
bug dan masalah teknis lainnya
C. pengujian
produk dengan pengguna yang sesuai
D. memperbarui
desain dan pengalaman pengguna berdasarkan umpan balik
E. memperbaiki
isu yang ditemukan dalam pengujian produk
38. Perhatikan
proses atau kegiatan berikut!
1) Uji aplikasi.
2) Memperbaiki
bug atau kerusakan.
3) Memastikan
aplikasi dapat berjalan dengan lancar di berbagai platform.
4) Melakukan
analisis kinerja aplikasi.
5) Melakukan
pemeliharaan rutin untuk memperpanjang masa pakai aplikasi.
Proses atau
kegiatan tersebut merupakan tahap pascaproduksi....
A. web dan
application design
B. motion
graphic
C. sequential
art
D. UI-UX design
E. concept art
39. Penghilangan
bintik, tanda bekas, dan pengaturan warna pada pascaproduksi fotografi
dilakukan dalam
proses...
A retouching |
D. grading |
B penyuntingan
|
E. mixing |
C pencetakan |
40. Penerapan
refleksi dapat dilakukan melalui pendekatan design thinking. Mencari solusi
untuk mengatasi
permasalahan
yang dihadapi dalam design thinking termasuk dalam tahap....
A define |
D. tes |
B ideate |
E. empathise |
C prototipe |
semua jawaban yang benar adalah A