Ruang Baca, sarana mengikat ilmu, jurnal mengajar

29 November 2024

Latihan Soal + Jawaban mapel Teknik Pengolahan Audio Video - Kelas XII Multimedia Semester ganjil part 2

 

1. Urutan alir proses produksi multimedia yang benar adalah .....

A. Pre Production – Post Production – Production

B. Pre Production – Production – Post Production

C. Production – Pre Production – Post Production

D. Production – Post Production – Pre Production

E. Post Production – Pre Production – Production

KUNCI : B

 

2. Dibawah ini adalah proses pada pre-production, kecuali ....

A Penuangan ide                                              D. Penyusunan dokumentasi

B Perencanaan produk                                  E. Pengujian beta

C Perencanaan proses produksi

KUNCI : E

 

3. Pembagian tahap pada proses post production ada dua yaitu offline dan online. Yang

termasuk dalam tahap online, kecuali....

A Motion graphic                             D. Music and sound FX

B Visual effect                                   E. Titling

C Edit

KUNCI : E

 

4. Proses penyiapan semua elemen yang terlibat dalam sebuah produksi (shoting)

film/video disebut ....

A Pre production                              D. Post production

B Per production                              E. Pre product

C Production

KUNCI : A

 

5. Realisasi dari sebuah ide pemikiran dan gagasan yang bertujuan untuk

menuangkannya kedalam media visual dan audio disebut ....

A story line                         D. ide dan pemilihan konsep

B script                                 E. sinopsis

C naskah cerita

KUNCI : A

 

6. Daftar pengambilan gambar pada setiap adegan, dan divisualisasikan dalam bentuk

sketsa gambar jika diperlukan disebut ....

A script                                 D. shot list

B story line                         E. log

C story board

KUNCI : C

 

7. Bertanggungjawab untuk mengkoordinir seluruh crew, memperhatikan beberapa

monitor sekaligus, baik monitor kamera dari sumber video yang lain (VTR),

maupun memilih shoot-shoot yang akan direkam (on air), merupakan tugas dari

….

A produser                         D. direktur teknis

B asisten produser          E. sutradara

C asisten produksi

KUNCI : E

 

8. Suatu perangkat keras yang terdiri dari Sub Sistem Optics, Electronics dan

Mechanics untuk menghasilkan gambar, baik Still maupun Motion Picture dari

pantulan obyek/ benda, disebut ....

A Pic Up Tube                                    D. Kamera

B Electronics Circuit                        E. Electronic Field Production

C Magnetic Tape

KUNCI : D

 

9. Sudut pandang pengambilan gambar yang dapat dilihat dari viewfinder pada sebuah

kamera film/video di sebut ....

A Close up                           D. Teknik shooting

B Anggle                              E. Directing

C zoom out

KUNCI : B

 

10. Pergerakan kamera dengan obyek seolah-olah mendekat ke kamera, disebut ...

A zoom out                         D. tilt down

B zoom in                            E. tilt down

C tilt up

KUNCI : B

 

11. Pergerakan kamera dengan obyek seolah-olah menjauh dari kamera disebut ….

A Zoom Out                        D. Tilt Down

B Zoom In                            E. Pan In

C Tilt Up

KUNCI : A

 

12. Pergerakkan kamera bergerak menjauh dari obyek, disebut ...

A zoom out                         D. tilt down

B track out                          E. tilt up

C track in

KUNCI : B

 

13. Teknik pengambilan gambar dengan posisi kamera disejajarkan dengan bagian

alas/bawah obyek dan posisinya lebih rendah dari dasar obyek. Hasilnya gambar

yang diambil akan menjadi sangat besar, merupakan teknik pengambilan gambar

….

A Eye Level                         D. high angle

B low angle                        E. bird eye

C frog eye

KUNCI : C

 

14. Teknik pengambilan gambar dengan memposisikan juru kamera di atas ketinggian dalam merekam obyek. Hasilnya gambar yang tampak akan menunjukkan lingkungan sekitar lebih luas. Benda-benda lainnya di sekitar obyek juga akan tampak dalam ukuran kecil, merupakan teknik pengambilan gambar ….

A frog eyey                         D. high angle

B low angle                        E. bird eye

C eye level

KUNCI : E

 

15. Teknik pengambilan gambar dengan mengambil gambar dari arah belakang bahu obyek. Akibatnya obyek hanya Nampak bagian bahu atau kepalanya saja. Biasanya teknik ini dipakai untuk menunjukkan bahwa obyek sedang melihat sesuatu ataupun sedang berbincang-bincang, merupakan teknik pengambilan gambar ...

A frog eye                           D. bird eye

B low angle                        E. over shoulder

C high angle

KUNCI : E

 

16. Penyinaran terarah yang utama dengan menghasilkan bayangan yang kuat (lampu hardlight ) memberikan tekanan pada segi yang menarik dari wajah artis / pengisi acara dan membantu membentuk dimensi pada wajah / kepala, merupakan ...

A Fill Light                           D. Key Light

B Back Light                        E. Noise Light

C Screen Light

KUNCI : D

 

17. Penyinaran yang digunakan untuk melunakkan bayangan yang dihasilkan oleh lampu lainnya ...

A fill light                             D. screen light

B back light                         E. noise light

C key light

KUNCI : A

 

18. Penyinaran dari belakang subyek (berlawanan arah kamera) diatur hingga jatuh/mengenai kepala dan bahu dari subyek ….

A key light                           D. screen light

B fill light                             E. noise light

C back light

KUNCI : C

 

19. Berasal dari lampu (spot) yang berkaca bening, reflektor yang mengkilat dan mempunyai kaca ( Lensa Fresnel ) yang berfungsi untuk memfokuskan berkas sinar, merupakan jenis lampu studio ….

A key light                           D. screen light

B soft light                          E. noise light

C hard light

KUNCI : C

 

20. Cahaya lampu yang digunakan untuk malam hari untuk menimbulkan suasanamalam dalam ruangan ….

A dedolite                           D. redhead

B blonde                              E. night light

C night light

KUNCI : D

 

21. Suatu kegiatan yang dilakukan setelah proses shooting dan menata agar video yang dihasilkan menjadi lebih bagus disebut ...

A Proses capture video                 D. Proses importing video

B Proses editing video                   E. Proses eksporting video

C Proses rendering video

KUNCI : B

 

22. Tahapan yang dilakukan komputer untuk memproses hasil pekerjaan editing menjadi format file tertentu disebut ....

A render                              D. project

B capture                             E. timecode

C waveform

KUNCI : A

 

23. Tempat untuk menyusun dan menempatkan klip/footage untuk kemudian diedit yaitu ...

A Project window                            D. Tools window

B Timeline window                         E. project

C Monitor window

KUNCI : B

 

24. Untuk menempatkan tempat penyimpanan hasil capture kita dapat menggunakan pilihan ...

A capture audio                                D. captured location

B browse                                             E. setting

C captured video

KUNCI : D

 

25. Sebutan untuk file-file yang dapat dipakai dalam project untuk membangun project didalam timeline, merupakan pengertian dari ...

A clip/klip                           D. trimming

B project                              E. metode insert

C quick time

KUNCI : A

 

26. Berfungsi untuk mengatur skala klip, dapat melakukan perbesaran dan perkecilan menggunakan pilihan ...

A position                           D. anchor point

B rotation                            E. qiuck time

C scale

KUNCI : C

 

27. Tulisan ataupun judul berupa susunan teks dalam video, merupakan pengertian ...

A title                                    D. path text

B klip/clip                           E. kredit/penutup

C vertikal path text

KUNCI : A

 

28. Peralihan antar clip satu dengan clip lain disebut ...

A track                                  D. workspace

B transisi                             E. cross dissolve

C editing

KUNCI : B

 

29. Cara yang dilakukan untuk mengganti transisi yaitu ...

A Tekan tombol delete                                                                  D. Import klip ke project window

B Klik satu kali lada transisi yang dipilih                                E. Klik tab effects pada project windows

C Menimpa transisi yang lama dengan yang baru

KUNCI : C

 

30. Dengan transisi, perpindahan antar klip menjadi lebih ....

A mudah                              D. menarik dan dinamis

B cepat                                 E. singkat

C efektif

KUNCI : D

 

31. Semua sifat efek standar dapat menganimasikan dari waktu ke waktu menggunakan ...

A Keyframing                     D. effect standar

B plug-in efek                    E. effect standar

C effect controls

KUNCI : C

 

32. Teknik mengganti latar belakang klip dengan cara menghilangkan latar warna hijau dikenal dengan ...

A RGB different key                         D. multiple key

B luma key                                          E. green screen key

C screen key

KUNCI : E

 

33. Mengurangi opaciti dari klpi untuk digunakan dalam efek seperti overlay memudar dan larut, merupakan efek tetap dari ...

A gerakan                                            D. efek standar

B waktu remapping                        E. plug in efek

C kegelapan

KUNCI : C

34. Salah satu jenis metode mengubah posisi transisi dan mengatur durasi transisi adalah ....

A Single track editing                     D. Tall material

B Center of cut                                  E. Workspace

C Head materia

KUNCI : B

 

35. Frame yang tersisa dari hasil timming sebagai durasi transisi dinamakan ...

A Center of cut                                  D. End of cut

B Track editing                                  E. Head material dan tall material

C Single track editing

KUNCI : E

 


Share: