1. Urutan alir proses produksi multimedia yang benar
adalah .....
A. Pre Production – Post Production – Production
B. Pre Production – Production – Post Production
C. Production – Pre Production – Post Production
D. Production – Post Production – Pre Production
E. Post Production – Pre Production – Production
KUNCI : B
2. Dibawah ini adalah proses pada pre-production, kecuali
....
A Penuangan ide D. Penyusunan dokumentasi
B Perencanaan produk E.
Pengujian beta
C Perencanaan proses produksi
KUNCI : E
3. Pembagian tahap pada proses post production ada dua
yaitu offline dan online. Yang
termasuk dalam tahap online, kecuali....
A Motion graphic D.
Music and sound FX
B Visual effect E.
Titling
C Edit
KUNCI : E
4. Proses penyiapan semua elemen yang terlibat dalam
sebuah produksi (shoting)
film/video disebut ....
A Pre production D.
Post production
B Per production E.
Pre product
C Production
KUNCI : A
5. Realisasi dari sebuah ide pemikiran dan gagasan yang
bertujuan untuk
menuangkannya kedalam media visual dan audio disebut ....
A story line D.
ide dan pemilihan konsep
B script E.
sinopsis
C naskah cerita
KUNCI : A
6. Daftar pengambilan gambar pada setiap adegan, dan
divisualisasikan dalam bentuk
sketsa gambar jika diperlukan disebut ....
A script D.
shot list
B story line E.
log
C story board
KUNCI : C
7. Bertanggungjawab untuk mengkoordinir seluruh crew,
memperhatikan beberapa
monitor sekaligus, baik monitor kamera dari sumber video
yang lain (VTR),
maupun memilih shoot-shoot yang akan direkam (on air),
merupakan tugas dari
….
A produser D.
direktur teknis
B asisten produser E.
sutradara
C asisten produksi
KUNCI : E
8. Suatu perangkat keras yang terdiri dari Sub Sistem
Optics, Electronics dan
Mechanics untuk menghasilkan gambar, baik Still maupun
Motion Picture dari
pantulan obyek/ benda, disebut ....
A Pic Up Tube D. Kamera
B Electronics Circuit E.
Electronic Field Production
C Magnetic Tape
KUNCI : D
9. Sudut pandang pengambilan gambar yang dapat dilihat
dari viewfinder pada sebuah
kamera film/video di sebut ....
A Close up D.
Teknik shooting
B Anggle E.
Directing
C zoom out
KUNCI : B
10. Pergerakan kamera dengan obyek seolah-olah mendekat
ke kamera, disebut ...
A zoom out D.
tilt down
B zoom in E.
tilt down
C tilt up
KUNCI : B
11. Pergerakan kamera dengan obyek seolah-olah menjauh
dari kamera disebut ….
A Zoom Out D.
Tilt Down
B Zoom In E.
Pan In
C Tilt Up
KUNCI : A
12. Pergerakkan kamera bergerak menjauh dari obyek,
disebut ...
A zoom out D.
tilt down
B track out E.
tilt up
C track in
KUNCI : B
13. Teknik pengambilan gambar dengan posisi kamera
disejajarkan dengan bagian
alas/bawah obyek dan posisinya lebih rendah dari dasar
obyek. Hasilnya gambar
yang diambil akan menjadi sangat besar, merupakan teknik
pengambilan gambar
….
A Eye Level D.
high angle
B low angle E.
bird eye
C frog eye
KUNCI : C
14. Teknik pengambilan gambar dengan memposisikan juru
kamera di atas ketinggian dalam merekam obyek. Hasilnya gambar yang tampak akan
menunjukkan lingkungan sekitar lebih luas. Benda-benda lainnya di sekitar obyek
juga akan tampak dalam ukuran kecil, merupakan teknik pengambilan gambar ….
A frog eyey D.
high angle
B low angle E.
bird eye
C eye level
KUNCI : E
15. Teknik pengambilan gambar dengan mengambil gambar
dari arah belakang bahu obyek. Akibatnya obyek hanya Nampak bagian bahu atau
kepalanya saja. Biasanya teknik ini dipakai untuk menunjukkan bahwa obyek
sedang melihat sesuatu ataupun sedang berbincang-bincang, merupakan teknik
pengambilan gambar ...
A frog eye D.
bird eye
B low angle E.
over shoulder
C high angle
KUNCI : E
16. Penyinaran terarah yang utama dengan menghasilkan
bayangan yang kuat (lampu hardlight ) memberikan tekanan pada segi yang menarik
dari wajah artis / pengisi acara dan membantu membentuk dimensi pada wajah /
kepala, merupakan ...
A Fill Light D.
Key Light
B Back Light E.
Noise Light
C Screen Light
KUNCI : D
17. Penyinaran yang digunakan untuk melunakkan bayangan
yang dihasilkan oleh lampu lainnya ...
A fill light D.
screen light
B back light E.
noise light
C key light
KUNCI : A
18. Penyinaran dari belakang subyek (berlawanan arah
kamera) diatur hingga jatuh/mengenai kepala dan bahu dari subyek ….
A key light D.
screen light
B fill light E.
noise light
C back light
KUNCI : C
19. Berasal dari lampu (spot) yang berkaca bening,
reflektor yang mengkilat dan mempunyai kaca ( Lensa Fresnel ) yang berfungsi
untuk memfokuskan berkas sinar, merupakan jenis lampu studio ….
A key light D.
screen light
B soft light E.
noise light
C hard light
KUNCI : C
20. Cahaya lampu yang digunakan untuk malam hari untuk
menimbulkan suasanamalam dalam ruangan ….
A dedolite D.
redhead
B blonde E.
night light
C night light
KUNCI : D
21. Suatu kegiatan yang dilakukan setelah proses shooting
dan menata agar video yang dihasilkan menjadi lebih bagus disebut ...
A Proses capture video D.
Proses importing video
B Proses editing video E.
Proses eksporting video
C Proses rendering video
KUNCI : B
22. Tahapan yang dilakukan komputer untuk memproses hasil
pekerjaan editing menjadi format file tertentu disebut ....
A render D.
project
B capture E.
timecode
C waveform
KUNCI : A
23. Tempat untuk menyusun dan menempatkan klip/footage
untuk kemudian diedit yaitu ...
A Project window D.
Tools window
B Timeline window E.
project
C Monitor window
KUNCI : B
24. Untuk menempatkan tempat penyimpanan hasil capture
kita dapat menggunakan pilihan ...
A capture audio D.
captured location
B browse E.
setting
C captured video
KUNCI : D
25. Sebutan untuk file-file yang dapat dipakai dalam
project untuk membangun project didalam timeline, merupakan pengertian dari ...
A clip/klip D.
trimming
B project E.
metode insert
C quick time
KUNCI : A
26. Berfungsi untuk mengatur skala klip, dapat melakukan
perbesaran dan perkecilan menggunakan pilihan ...
A position D.
anchor point
B rotation E.
qiuck time
C scale
KUNCI : C
27. Tulisan ataupun judul berupa susunan teks dalam
video, merupakan pengertian ...
A title D.
path text
B klip/clip E.
kredit/penutup
C vertikal path text
KUNCI : A
28. Peralihan antar clip satu dengan clip lain disebut
...
A track D. workspace
B transisi E.
cross dissolve
C editing
KUNCI : B
29. Cara yang dilakukan untuk mengganti transisi yaitu
...
A Tekan tombol delete D. Import klip ke project window
B Klik satu kali lada transisi yang dipilih E. Klik tab
effects pada project windows
C Menimpa transisi yang lama dengan yang baru
KUNCI : C
30. Dengan transisi, perpindahan antar klip menjadi lebih
....
A mudah D.
menarik dan dinamis
B cepat E.
singkat
C efektif
KUNCI : D
31. Semua sifat efek standar dapat menganimasikan dari
waktu ke waktu menggunakan ...
A Keyframing D.
effect standar
B plug-in efek E.
effect standar
C effect controls
KUNCI : C
32. Teknik mengganti latar belakang klip dengan cara
menghilangkan latar warna hijau dikenal dengan ...
A RGB different key D.
multiple key
B luma key E.
green screen key
C screen key
KUNCI : E
33. Mengurangi opaciti dari klpi untuk digunakan dalam
efek seperti overlay memudar dan larut, merupakan efek tetap dari ...
A gerakan D.
efek standar
B waktu remapping E.
plug in efek
C kegelapan
KUNCI : C
34. Salah satu jenis metode mengubah posisi transisi dan
mengatur durasi transisi adalah ....
A Single track editing D.
Tall material
B Center of cut E.
Workspace
C Head materia
KUNCI : B
35. Frame yang tersisa dari hasil timming sebagai durasi
transisi dinamakan ...
A Center of cut D.
End of cut
B Track editing E.
Head material dan tall material
C Single track editing
KUNCI : E